Bulan Menjauh dari Bumi 3,8cm Setiap Tahun

Read this article in English
Bulan ternyata selama ini menjauh dari Bumi sejauh 3,8cm setiap tahun. Tapi jangan khawatir, hal tersebut tidak berpengaruh terhadap perubahan jarak bulan ke bumi yang sejauh 385.000 km untuk jangka waktu yang sangat lama.



Lalu bagaimana caranya para ilmuan mengetahui perubahan jarak bulan ke bumi? Caranya adalah dengan mengarahkan sinar laser dari bumi ke reflektor yang ada di bulan, lalu mereka menghitung berapa lama cahaya laser memantul kembali diukur dari saat laser dipancarkan.

Mendeteksi pergerakan bulan yang sangat kecil saat ini dimungkinkan karena teknologi photonic (teknik optik) dan adanya eksperimen Apollo yang masih berjalan saat ini. Selama 40 tahun, para ilmuan secara periodik melakukan "ping" atau pemantulan menggunakan sinar laser lalu menukur waktu ping-nya.

Hasilnya, jika Anda ingin tahu, adalah sekitar 2,5 detik, bervariasi karena orbit elips bulan menghasilkan jarak yang berubah secara konstan. Dari pengukuran yang akurat tersebut, para ilmuan telah mengkonfirmasi bahwa tidak saja kunci ajaran teory relatifitas Einstein, tetapi juga telah menunjukkan bahwa gaya gravitasi sangat stabil dan mereka juga menemukan adanya kemungkinan inti bulan adalah cairan.

Selama sekitar 20 tahun dari tahun 1960-an, astronom mengukur jarak bulan ke bumi dengan menembakkan laser dari teleskop dari McDonald Observatory ke retroreflektor yang ditempatkan di bulan
Mengukur jarak dari bumi ke bulan tergantung dari retroreflektor yang ditinggalkan di permukaan bulan oleh astronot Apollo dan oleh dua kendaraan robot Rusia. Ilmuan di bumi menembakkan sinar laser ke arah reflektor. Retroreflektor memantulkan sinar laser kembali ke bumi. Biasanya hanya sedikit foton yang kembali dan terdeteksi untuk membuat waktu jarak tempuh total. Hal itu dan kecepatan cahaya menghasilkan jarak ke bulan dengan tingkat akurasi beberapa centimeter tergantung peralatannya.

Saat ini, pihak yang melakukan pengukuran jarak bulan ke bumi ada tiga yaitu di Amerika Serikat, New Mexico dan Prancis.

Sumber: Photonics.com
Share/Save/Bookmark

Related Posts by Categories



610 komentar:

SEO said... November 18, 2009 at 1:52 PM  

menarik nih ulasannya. cuma satu pertanyaan, para ilmuwan mengukur jarak bumi ke bulan dengan acuan satu titik apa ganti2. karena permukaan bulan, sama dengan permukaan bumi yang sering berubah-ubah karena iklim disana...

Red Gear said... November 21, 2009 at 7:25 AM  

@SEO: Pengukuran jaraknya menggunakan acuan titik yang sama guna menjaga keakuratannya. Foton laser yang kembali ke bumi dapat berkurang karena perubahan cuaca di bumi tetapi untuk di bulan cuaca tidak berpengaruh mengingat tidak adanya atmosfer di bulan.

free download lagu indonesia dan lyric lagu Indonesia said... November 22, 2009 at 12:11 AM  

wuh canggih yah...fisika - fisikawannnya...bisa ngitung kayak gitu.... bisa sampai ngitung segitu kecilnya perbedaannya...

auliandri said... November 26, 2009 at 12:53 PM  

itu salah satu bukti bahwa alam semesta sebenarnya terus berkembang...:D

Kie Yul said... November 26, 2009 at 9:22 PM  

wah parah menjauh 3,8 cm . Gimana kalo dah 1 juta tahun.

RaRa Wulan said... December 15, 2009 at 4:18 PM  

ow ternyata begitu to, nambah ilmu lagi nih saya..
makacih buat infonya :)

fiki said... December 22, 2009 at 11:29 AM  

nice info

bani said... January 8, 2010 at 5:01 AM  

sedikit demi sedikit lama-lama jadi sebukit lama2 bisa hilang bulan nih songoku g bisa jadi monyet lagi nanti he he he

Festival Museum Nusantara said... January 29, 2010 at 5:05 PM  

wah baru tau aku

Festival Museum Nusantara said... February 1, 2010 at 4:04 PM  

akibatnya apa kalo makin jauh?

Astaga.com Lifestyle on the Net said... February 1, 2010 at 9:39 PM  

Thx sharingnya semoga manfaat

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular said... February 2, 2010 at 2:27 AM  

tukaran link yuk

Nyubi said... February 2, 2010 at 8:57 AM  

cool post

Festival Museum Nusantara said... February 3, 2010 at 10:34 AM  

great info sob

Health Spot said... February 4, 2010 at 10:50 AM  

interesting article

Festival Museum Nusantara said... February 5, 2010 at 10:14 AM  

postingnya keren-keren

Miss Gadget said... February 6, 2010 at 1:52 PM  

Lama-lama bulan dan bumi bakal berjauhan dan akhirnya cerai dech he..he.. nggak ada lagi gerhana bulan dan gerhana matahari..

Piala Dunia 2010 said... February 10, 2010 at 11:21 AM  

Luar biasa sob

University of Metaphysical Sciences said... February 23, 2010 at 7:23 PM  

Great and really wonderful. i found this site really awesome.

BUsana musliM said... March 21, 2010 at 11:48 AM  

wow fisika emang keren
sampai sedetail itu yah ternyata

ID Pulsagram said... April 28, 2010 at 11:11 PM  

baru tau nih info ini, thanks sob

SEO Optimization said... June 2, 2010 at 9:23 AM  

Postingan yang bagus, nambah lagi pengetahuan tentang bulan. lain dengan bulan madu, bulan merindu, bulan tua, careuh bulan, bulan tok dll.

grosir bAju anak said... June 17, 2010 at 9:36 AM  

baru tau gan
waduw

langensari said... June 20, 2010 at 6:11 AM  

postingan bagus nich, kira2 apa yg kan terjadi bulan tak lagi bsa dlhat dr bumi klo dah bergeser jauh sekali......

home insurance loan said... June 24, 2010 at 12:48 AM  

ane baru tahu..waduh kalo lama kelamaan menjauh bisa bisa apa yah yang akan terjadi..

ratna said... June 29, 2010 at 1:09 PM  

makasih info nya...

rudi said... July 1, 2010 at 12:18 PM  

infonya baguus banget .,
keep posting yaaa
sukses

grosir bAJU musliM said... July 27, 2010 at 6:40 PM  

thxz infonya

Monalia's Blog said... August 10, 2010 at 1:46 PM  

Unik juga,,,
mngkin bulannya dah bosen x ma bumi,, mkanya dia menjauh gtooo,,, wah sma kyk mnusia juga ea,,,

hehehe

Saringan air said... August 28, 2010 at 3:33 PM  

apa ada bahayanya ya ? apa akibat yang ditimbulkan jika bulan menjauh dengan bumi ? terima kasih.

Obat herbal HIV/AIDS said... November 4, 2010 at 10:02 AM  

wih kok bisa Y menjauh padaha makin deket kayak nya makin indah dh bulan

Lambang said... November 21, 2010 at 1:31 PM  

Ilmu baru ne

Thank infonya

salam

Jual Lukisan Murah said... November 27, 2010 at 2:52 PM  

info yang bagus nih, jadi dapat ilmu tambahan..

Fire Extinguiser said... December 1, 2010 at 11:43 PM  

bulannya mau kemana ya ? kok jalannya mundur...

obat asam urat said... December 25, 2010 at 3:43 PM  

wah mantap juga ni infonya,,,, gan kalo semakin menjauh antara bulan dengan matahari akan terjadi apa ya???

obat tradisional maag said... January 3, 2011 at 1:30 PM  

ko bisa menjauh ya gan,,,,?? itu akibatnya kenapa,,, padahal kalo lebih dekat bulan keliatannya tanpak indah

obat kolesterol said... January 7, 2011 at 2:58 PM  

kalo menjauh begitu bterus , gi mana jadinya ya???

pengobatan herbal said... January 10, 2011 at 3:40 PM  

Wow aku baru tahu gan,, makasih atas ilmunya...

obat penyakit telinga said... January 26, 2011 at 8:51 AM  

infonya bagus banget gan,,
trerima kasih banyak gan buat infonya,,,
semoga bermanpaat

obat kanker payudara said... February 3, 2011 at 1:36 PM  

mantap gan alat untuk melihatnya,,terima kasih gan buat infonya

obat alami darah tinggi said... February 14, 2011 at 1:02 PM  

ko bisa menjauh gitu ya gan,,sudah benci kali ya gan tyerima kasih gan buat infonya salam kenal aja gan

obat alami diabetes said... February 16, 2011 at 9:21 AM  

canggih gan alat penerowngn nya, terima kasih gan buat infonya,,

xamthone plus said... March 1, 2011 at 1:19 PM  

ko bisa ya gan,,
alat untuk meliatnya canggih juga ya, makasih gan buat informasinya , salam kenal aja gan

Rangka baja ringan said... March 4, 2011 at 9:02 PM  

jarak bumi ke bulan bisa diukur secara terinci, teknologi yg canggih yaitu laser yg ditembakkan ke reflektor yg ada di bulan.. keren
tks ya

obat herbal gondongan said... March 8, 2011 at 10:28 AM  

wuih...canggih bener *

Obat kanker payudara said... March 10, 2011 at 8:57 AM  

ko bisa menjauh begitu ya gan , kalo seandainya terus menjauh brarti bulan itu menghilang ya gan

didi said... March 15, 2011 at 4:57 PM  

gila canggih juga yah??

bali web design said... March 15, 2011 at 4:58 PM  

informasinya bermanfaat banget untuk saya...

bisnis tiket pesawat said... March 17, 2011 at 3:22 PM  

Nice blog. Keep blogging in future....

obat asam urat said... March 18, 2011 at 10:28 AM  

kalo tiap bulan menjauh , berarti makin jauh donk, makasih ya gan buat infonya

ade sunandar said... March 18, 2011 at 3:12 PM  

maaf gan kalau perkembangan matahari dengan bumi sekarang bagaimana? masalahnya cuaca semakin panas saja

obat luka diabetes said... April 1, 2011 at 2:27 PM  

kalo semakin menjauh bisa-bisa gimana tuh gan, makasih buat infonya

Steve said... April 2, 2011 at 11:15 PM  

wow, baru tau nih..
ternyata Bulan Menjauh dari Bumi 3,8cm Setiap Tahun. terima kasih banyak nih infonya..

Google Nexus S said... April 3, 2011 at 7:47 PM  

assalamualaikum...
wah baru tahu nih kecepaan pantulan dari bumi ke bulan hingga balik lagi ke bumi hanya 2,5 detik. bisa dibayangkan tuh kecepatan sinar laserna..ckckck..

obat kanker hati said... April 9, 2011 at 7:27 AM  

ane baru tau mass, bahwa bualn itu selalu menjauh setiap tahun,, kalo terus menjauh bakalan jadi gimana ya gan

yoga said... April 10, 2011 at 1:32 AM  

weewww....aku jga baru tau gan,,,

obat herbal infeksi saluran kemih said... April 12, 2011 at 2:04 PM  

baru tau juga,,oh jadi gitu ya,,tiap tahun nya menjauh,,,makasih infonya,,

obat tradisional mengobati jerawat said... April 12, 2011 at 2:06 PM  

pengetahuan baru nih,,biar ga terlalu ketinggalan zaman,makasih infonya,,

solusi mengobati imsomnia said... April 12, 2011 at 2:08 PM  

nice info,,thanks for information,,

obat kanker payudara said... April 14, 2011 at 11:12 AM  

canggih banget gan cara melihat jauh atau dekat nya yah ,makasih banyak gan buat infonya

Nikmaya John said... April 25, 2011 at 1:51 PM  

Gimana kalau bulan gak ada lagi????

obat herbal tipes said... April 30, 2011 at 2:14 PM  

baru tau juga, kok makin menjauh sih,,apa nantinya ga akan hilang,,

obat tradisional diabetes said... April 30, 2011 at 2:16 PM  

mantap infonya,,makasih buat pencerahannya,,sukses trus,,

cara cepat menyembuhkan asam urat said... May 2, 2011 at 10:59 AM  

apa akibat dari bulan menjauhi bumi?...

obat tradisional menurunkan kolesterol said... May 5, 2011 at 11:28 AM  

klo makin menjauh,,apa bisa hilang tuh,,,???

pengobatan batu ginjal said... May 5, 2011 at 11:30 AM  

baru tau juga tuh ternyata setiap tahun nya bulan menjauh 3,8 cm,,bener bener kekuasaan Illahi,,

kolom lyrics said... May 6, 2011 at 9:54 AM  

wah info yang bagus...
dapat ilmu baru lagi...
makasi....

acepsuherman said... May 7, 2011 at 2:13 PM  

ko bisa menjauh begitu ya mas, makasih banyak buat infonya

obat luka diabetes said... May 12, 2011 at 12:55 PM  

maha besar Alloh yang telah menciptakan smuanya,,sungguh keagunganmu,,

obat asam urat said... May 12, 2011 at 12:58 PM  

kok bisa ya menjauh gitu,,,tahun demi tahun dan ahirnya???

obat asam urat said... May 17, 2011 at 9:58 AM  

waduh,,,
keren tuh gambar nya..

thanks ya

android digital said... May 19, 2011 at 5:32 AM  

hihi ngeri.. gak lama lagi kiamat..

jual rumah jakarta selatan said... May 27, 2011 at 1:39 PM  

wah ... menaarik banget nih blog .. saya suka baca blog ini .. :-D

penyakit lupus said... June 6, 2011 at 10:13 AM  

dampak nya apa bagi bumi ?

apa akan terjadi tsunami?

Dell M102Z Laptop Gaming, Trendy, Fitur Melimpah Ada di Indokom.biz said... June 11, 2011 at 6:30 AM  

buset cuma 3,8 cm aja bisa ketahuan..

obat alternatif hepatitis c said... June 18, 2011 at 8:48 AM  

apa dampak kalau bulan menjauh dari bumi ?

mhon penjelasan nya?

obat alami asam urat said... June 20, 2011 at 10:05 AM  

menarik bgt ulasannya.. hebat !!

jual rumah jakarta selatan said... June 22, 2011 at 10:36 AM  

wah apa buminya kali yang mengecil heheheh

obat herbal XAMthone said... July 3, 2011 at 2:11 PM  

efek nya apa tuh kalau bulan semakin jauh dari bumi???

obat tradisional penyakit asam urat said... July 5, 2011 at 2:48 PM  

subhanaloh,.. kalu ibulan menjau dari bumi apa ya epek'a.. bagi bumi kita ini?...

agen xamthone plus makassar said... July 23, 2011 at 2:32 PM  

kalau bulan menjauh apa akibanya gan?

jam replika said... July 28, 2011 at 11:43 AM  

untung menjauh, bukan mendekat :s

Obat Tradisional Kanker Prostat said... July 30, 2011 at 8:26 AM  

kok bisa yah, kalo misalkan terus ,menjauh bakal terjadi apa yahm,?apakah perputaran bumi ini akan berhenti juga yah

obat alami terlaris said... July 31, 2011 at 5:18 PM  

sangat membatu ilmu pengetahuan saya yang kuper...

dinda said... August 2, 2011 at 10:53 AM  

baru tau lho...
untung mampir blog ini, jadi tau deh ...

Agen jelly gamat jakarta said... August 2, 2011 at 11:15 AM  

mksih bwt infonya...

jelly gamat said... August 2, 2011 at 11:16 AM  

thanks sob bwt infonya!

Obat herbal nyeri sendi said... August 4, 2011 at 10:38 AM  

nice atikl...

Obat nyeri sendi said... August 4, 2011 at 10:38 AM  

thanks gan!

obat tradisional penyakit stroke said... August 4, 2011 at 10:51 PM  

efek nya apa kalau menjauh?

Agen jelly gamat jakarta said... August 5, 2011 at 8:17 AM  

kok bisa ya...

apa krn ulh mnusia??

Jelly gamat said... August 5, 2011 at 8:17 AM  

tandanya akan ada apa ya???

pgsdhost.com said... August 7, 2011 at 1:44 PM  

hmmmmm...ngeri juga klo dibayangin neh....

obat herbal alami jerawat said... August 8, 2011 at 1:11 PM  

makasih atas info nya

obat herbal alami sinusitis said... August 10, 2011 at 1:36 PM  

makasih info nya

obat herbal nyeri sendi said... August 10, 2011 at 10:11 PM  

thanks info nya......

kanker hati said... August 13, 2011 at 10:51 AM  

apa hal tersebut tidak berpengaruh pada kehidupan kita??

Penjernih Air said... August 26, 2011 at 2:10 PM  

Salut buat para ilmuwannya. Dari mereka kita jadi tahu hal - hal baru diluar sana. Amazing..

obat alami keputihan said... September 9, 2011 at 12:56 PM  

sungguh kuasa Tuhan yang mampu membolak-balikkan keadaan di bumi ini..
subhanallah,, semoga kita semua menjadi banyak belajar dari sini..makasih bnyak infonya

Software Akuntansi said... September 19, 2011 at 10:45 AM  

ow ternyata gitu ya saya jadi lebih tau, thanks ya infonya.

chute said... September 22, 2011 at 4:01 PM  

Infonya brguna bgt...
Makasih ya..!!!

vie said... September 29, 2011 at 10:51 AM  

waaawww canggih ya. . .
posting yg sngt bgus. . .
nambah lg dech ilmu pengetahuannya. . .

blogger nusantara blogpreneur Indonesia said... September 29, 2011 at 10:36 PM  

keren yach alat sekarang...

arenaliga said... October 3, 2011 at 11:07 PM  

lama2 bisa ga keliatan donk bulan nya

TOP 1 Oli sintetik Mobil-Motor Indonesia said... October 11, 2011 at 2:31 AM  

Mantap yah alatnya. Thanks for share.

Obat Herbal Hepatitis B said... October 15, 2011 at 10:04 AM  

wah itu dah tanda2 kiamat kli yua
alata yg canggih bisa meliat pergeseran bulan dan bumi

obat herbal penyakit stroke said... October 22, 2011 at 11:21 AM  

c'pungguk makin susah ketemu donk hahahaha...

Obat asam urat said... October 24, 2011 at 11:19 AM  

terus apa akibatnya kalo bulan menjauh dari bumi??????????????

obat penyakit demam berdarah said... October 24, 2011 at 11:36 AM  

bisakah bulan jarak rotasinya dikembalikan kembali sehingga dekat lagi dengan bumi

Jual Crystal X said... October 29, 2011 at 4:33 PM  

Efeknya apaya kira-kira?

obat tradisional asam urat said... November 21, 2011 at 2:12 PM  

kok bisa ya gan???

obat herbal kanker kelenjar getah bening said... November 21, 2011 at 2:12 PM  

apakah akn terjadi sesuatu gan???

Cara Mengobati Penyakit Nyeri Sendi Secara Alami said... November 22, 2011 at 12:26 PM  

wahh,,bulan semakin menjauh dari bumi tiap tahun,,terus nanti untuk tahun-tahun mendatang apakah bulan masi setia dengan bumi??
tidak ada yang tahu,,,jika memilki umur panjang kita akan tahu jawabannya..

Obat Herbal Asam Urat said... November 25, 2011 at 9:30 AM  

wah keren banget gan artiikelnya..
menambah pengetahuan tentang astronomi nih..
keren keren keren gan :)

obat tgradisional gagal ginjal said... December 2, 2011 at 8:40 AM  

lama,kelamaan bulan bisa menjauh,..apa'a dapaknya bagi kita?..

obat herbal kanker prostat said... December 12, 2011 at 4:03 PM  

nice gan sharenya. salam kenal aj.

obat herbal liver empedu said... December 12, 2011 at 4:05 PM  

mantap sob infonya. thanks sebelumnya.

obat herbal XAMthone said... December 12, 2011 at 4:09 PM  

bener bener penelitian yang canggih tuh.

obat herbal keputihan said... December 12, 2011 at 4:11 PM  

maksih gan infonya buat nambah wawasan orang banyak.

0bat ebal getah bening said... December 12, 2011 at 4:14 PM  

terus itu dampaknya apa buat bumi?

obat herbal infeksi kemih said... December 12, 2011 at 4:16 PM  

infon yamng bermanfaat banget gan. sukses selalu ya gan?

Obat Herbal Kolsterol said... December 21, 2011 at 2:26 PM  

apa ada dampak dan pengaruhnya nih gan..

ban terbaik di indonesia GT Radial said... December 31, 2011 at 3:06 PM  

gak terasalah, tapi kalau benar umur bumi sudah milyaran tahun berarti dulu bulan nempel di bumi ya?

Century 21 broker properti jual beli sewa rumah indonesia said... January 8, 2012 at 5:00 PM  

Ambilkan bulan bu,....gak bisa nak bulannya lari

Slas said... January 13, 2012 at 9:19 PM  

Bukti bahwasanya jagat raya ini semakin meluas/melebar/ benda langit saling menjauh satu sama lain

pengobatan alami penyakit darah tinggi said... January 16, 2012 at 12:44 PM  

alam semesta memang sangat menakjubkan salah satu bukti kekuasan Allah SWT

jelly gamat said... January 17, 2012 at 3:19 PM  

ada banyak fakta yang mungkin sulit digapai dengan logika,,itulah bukti kuasa Ilahi

Obat tradisional luka caesar said... January 17, 2012 at 11:51 PM  

kok bisa bgtu ya gan... aneh bgt..

obat herbal penyakit ginjal said... January 17, 2012 at 11:52 PM  

wah klau trus"an bgtu bisa membahayakan gk ya???

obat alami kolesterol said... January 19, 2012 at 7:25 AM  

buseett luar biasa sekali bisa mengukur jarak bulan
tapai apa gag bayaha tuu kalo bulan sudah mau menjauh dari bumi??

pengobatan alami jantung koroner said... January 20, 2012 at 3:30 PM  

mw pindah ke venus ya?

obat alami diabetes said... January 21, 2012 at 1:51 PM  

klo makin jauh terus ntar malem ga ada bulan ya??

Krim a-dha murah said... February 13, 2012 at 11:37 PM  

Hello thanks for share. I think this article is good like Krim A-dha Murah and then my website like Sewa Mobil Jakarta is the best too.. Now i want to share the website Pashmina Murah and then Jam Tangan when you can be share to another friends. And finally Tabita Skin Care is the best site and then Risol is the best too..

obat tradisional said... February 15, 2012 at 9:59 AM  

wah banyak ya tukang obatnya,,,

o said... February 28, 2012 at 12:03 PM  

kalou di itung" udah berapa meter yah, jauh nya,

obat tradisional penyakit jantung said... March 3, 2012 at 9:48 AM  

ternyata jauh juganya jaraknya, klau di ukur di darat berapa kali ukurannyanya,

wah artikel yang sangat bagus nie..

Obat Tradisional Asam Urat said... March 5, 2012 at 3:53 PM  

akhh,, klo terus2n ngejauhin nanti giman malam ..
pastii gelap ..!!
:(

Obat Keputihan Tradisional said... March 10, 2012 at 9:22 AM  

hemmm semoga nanti di temukan solusinya ..

christian tatelu said... March 14, 2012 at 1:15 PM  

wah.. jadi makin lama bulan makin kelihatan kecil ya!!!

ane baru tahu gan...

obat herbal darah tinggi said... March 16, 2012 at 12:43 PM  

thanks sharing nya
salam kenal ya

Obat Herbal Insomnia said... March 23, 2012 at 8:25 PM  

Apa akibatnya bila bulan menjauh?
Terimakasih infonya ,bermanfaat Jadi rada update gitu hehehe

ULTRABOOK NOTEBOOK TIPIS HARGA MURAH TERBAIK said... March 25, 2012 at 9:24 AM  

Tambah jauh, berarti tambah kecil gravitasinya...

cara mengobati kanker payudara said... March 26, 2012 at 1:07 PM  

apa ada dampak nya tuh ?

Obat Herbal Asam Urat said... March 26, 2012 at 1:44 PM  

bakal gmn tuh ?

obat herbal stroke said... April 1, 2012 at 9:09 PM  

nice to info..

obat glaukoma said... April 3, 2012 at 8:58 AM  

smoga saja gak terjadi apa apa

emeralrugcarpet said... April 3, 2012 at 9:26 AM  

ilmunya bagus bgt ne, thanks :)


Dari : produksi karpet berkualitas
Phone : 081226999929
Email : marketing.emeralrugcarpet@gmail.com
Website : http://www.emeralrugcarpet.com
Alamat : Lantai Dasar D 01 Duta Mall Jl. A Yani KM 02 Banjarmasin KALIMANTAN SELATAN
Promosi ini dirancang dan dipromosikan oleh http://www.tatawarna.com

agen xamthone plus ambon said... April 6, 2012 at 7:12 AM  

klw terus menjauh akibat nya apa ya ?

aduh takut tsunami ?

obat diabetes melitus tradisional said... April 6, 2012 at 10:17 PM  

klw terus mnjauh gmn ?

obat kelenjar getah bening tradisional said... April 6, 2012 at 10:18 PM  

info nya menari juga:D

obat keputihan tradisional said... April 6, 2012 at 10:19 PM  

kren deh... aduh aduh

obat herbal sakit haid said... April 9, 2012 at 10:35 PM  

untung tidak berpengaruh yachhh.....

obat penyakit stroke herbal said... April 11, 2012 at 9:05 PM  

klw terus menjauh gmn nih gan hehe

khasiat jus manggis xamthone plus said... April 17, 2012 at 5:00 PM  

mksih info nya gan..

obat herbal kanker payudara said... April 21, 2012 at 10:24 AM  

kalau terus dan terus menjauh akan terjadi apa ya......

obat kencing manis herbal said... April 26, 2012 at 8:29 PM  

kata siapa nih >

Obat Herbal kanker Hati said... May 1, 2012 at 8:23 PM  

Terima kasih kepada para ilmuan yang sudah memberikan gambaran. harapan saya adalah setiap kali ada hal-hal yang ditemukan hendaknya di sosialisasikan kepada seluruh penduduk agar mengerti dan bisa menghindari hal-hal yang kurang baik dalam bumi ini

sepri yanto said... May 6, 2012 at 7:23 PM  

infonya menambah pengetahuan bagi saya gan..
makasih ya gan,,

Ikan Hias said... May 14, 2012 at 1:18 PM  

thanx infonya gan

Asep Sumbawa said... May 27, 2012 at 9:29 AM  

Wah klo bulan terus menjauh apa berdampak ke bumi ngak sih !! jangan2 iklim jadi kacau bangetz!! Wah dari pada mikirin bulan mending saya ikut Promosi aja deh http://www.pakaianbandungmurah.com/ heee boleh ya gan??

daun sirsak said... June 5, 2012 at 8:32 AM  

ulasan yang menarik karena saya suka dengan pelajaran benda2 langit seperti ini :)
share~

daun sirsak obat kanker said... June 5, 2012 at 8:51 AM  

otak yang cerdas didukung dengan peralatan yang canggih
artikel menarik :)

obat stroke herbal said... June 5, 2012 at 9:10 AM  

indonesia kirimin ahli benda bumi dong ke amerika. supaya bisa meneliti seperti ini atas nama indonesia. hehe

gamat luxor jelly said... June 5, 2012 at 9:29 AM  

apa gada dampak buruk bagi bumi karena bulan menjauh? takut aja jadi dampak buruk bagi bumi. hehe

cara pembelian gamat luxor said... June 5, 2012 at 9:48 AM  

ada kelanjutan dari artikel ini ga bang? share lagi dong :)
thanks

jus manggis said... June 5, 2012 at 10:05 AM  

ga kebayang sinar laser nya secerah gimana.. he
bisa mancarin cahaya yang jauh gitu.
hebat hebat

obat herbal ace maxs said... June 5, 2012 at 10:33 AM  

makin canggih aja teknologi sekarang
he

Obat tradisional HIV AIDS said... June 7, 2012 at 11:18 AM  

penelitian yang sangat mantap.... ???

Obat Tradisional Tipes said... June 11, 2012 at 1:20 PM  

widihh,, keren bgttt

Obat Tradisional Mioma said... June 11, 2012 at 1:21 PM  

makasih atas infonya ,jadi menambah ilmu untuk pengetahuan saya nih ,

Obat Tradisional Epilepsi said... June 11, 2012 at 1:21 PM  

salam kenal dan salam hangat slalu ,,,

Obat Tradisional maag said... June 11, 2012 at 1:22 PM  

jangan lupa mampir balik ya sobat ,, good luck !!!!!

Xamthone Plus said... June 15, 2012 at 7:05 PM  

nice info

khasiat buah manggis said... June 15, 2012 at 7:18 PM  

postingnya keren-keren

obat herbal asam urat said... June 15, 2012 at 7:33 PM  

menarik nih ulasannya. cuma satu pertanyaan, para ilmuwan mengukur jarak bumi ke bulan dengan acuan satu titik apa ganti2. karena permukaan bulan, sama dengan permukaan bumi yang sering berubah-ubah karena iklim disana...

obat herbal keputihan said... June 22, 2012 at 4:23 PM  

kalau terus dan terus menjauh akan terjadi apa ya......

obat herbal diabetes said... June 22, 2012 at 4:23 PM  

Thx sharingnya semoga manfaat

obat herbal darah tinggi said... June 22, 2012 at 4:23 PM  

Postingan yang bagus, nambah lagi pengetahuan tentang bulan. lain dengan bulan madu, bulan merindu, bulan tua, careuh bulan, bulan tok dll.

obat herbal maag said... June 22, 2012 at 4:24 PM  

kalo menjauh begitu bterus , gi mana jadinya ya???

obat herbal asma said... June 22, 2012 at 4:24 PM  

sedikit demi sedikit lama-lama jadi sebukit lama2 bisa hilang bulan nih songoku g bisa jadi monyet lagi nanti he he he

obat stroke said... June 25, 2012 at 9:36 AM  

akan kah ada efek ???

Obat Tradisional Emphysema said... July 1, 2012 at 9:20 AM  

salam knal

obat jerawat said... July 8, 2012 at 3:07 PM  

waaawww canggih ya. . .
posting yg sngt bgus. . .
nambah lg dech ilmu pengetahuannya. .

obat asam urat said... July 9, 2012 at 6:09 PM  

Great and really wonderful. i found this site really awesome.

razi doannk said... July 15, 2012 at 1:50 PM  

ilmu fisika memang tiada matinya, selalu ada yang baru, nice info

DbPromo said... July 27, 2012 at 3:17 PM  

baru tau saya,,,ckckckkc....

kulit manggis said... August 7, 2012 at 7:35 AM  

ya kalo menjauh sih gak apa-apa asal jangan nyampe mendekat ke bumi aja

Tour Explora said... August 7, 2012 at 10:40 AM  

setiap satu tahun berarti bergeser sekitar 48cm.

ikat pinggang kulit asli said... August 7, 2012 at 12:05 PM  

postingan bagus nich, kira2 apa yg kan terjadi bulan tak lagi bsa dlhat dr bumi klo dah bergeser jauh sekali......

bank syariah said... August 16, 2012 at 1:13 PM  

keren ya, ada laser yang bisa sampai ke bulan

sewa mobil di surabaya said... August 24, 2012 at 1:21 PM  

klo g2.. lma2 bulan mkin ngilang dri pndangan bumi.. :(

iklan baris said... August 24, 2012 at 1:22 PM  

wah.. g bsa lht indahnya bulan..

Jasa Pembuatan Website Murah said... August 29, 2012 at 1:03 AM  

ntar ga ada malem dunk siang mulu

Jasa Buat Website said... August 29, 2012 at 1:03 AM  

wah tanda2 kiamat kali gan

Jasa Buat Website Company Profile said... August 29, 2012 at 1:04 AM  

semoga tidak terjadi apa2 yah

Paket Tour Wisata Istanbul Turki said... September 6, 2012 at 8:54 AM  

ya ampun kalo malam brarti penerangannya bakal terus menurun dong ya?? ckck..

sewa mobil said... September 10, 2012 at 10:45 AM  

oh jadi gitu ya gan, makasih bisa tambah info nih

Adang iskandar said... September 19, 2012 at 4:58 PM  

informasi yang sangat aktual tajam dan terpercaya banget, makasih infonyas gan...

Pengobatan alami darah rendah said... September 20, 2012 at 1:37 PM  

Informasinya sangat menarik dan menambah pengetahuan, Trimakasih banyak

XAMthone Plus Asli said... October 1, 2012 at 8:43 PM  

Terima Kasih atas infonya gan.

Post a Comment

Post a Comment